Semua berita seputar kampus IPB (unofficial)

Web Masih Lemot ?

Jumat, 19 Desember 2014

 5 Jalur Ujian Masuk IPB


Ujian masuk IPB
Ujian masuk IPB selalu menjadi incaran para calon mahasiswa setiap tahun. Wajar saja, karena semua orang sudah mengetahui kualitas Institut Pertanian Bogor (IPB). Semua masyarakat Indonesia yang notabene hidup dalam lingkungan agraris tentu mengenalnya. IPB merupakan salah satu kampus ternama di Indonesia yang masuk ke dalam jajaran 500 Universitas top dunia. Oleh karena itu, ujian masuk IPB selalu banyak peminatnya.
Bahkan Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono juga merupakan lulusan terbaik dari kampus ini dengan meraih gelar Doktor dalam bidang pertanian. Lalu, bagaimana prosedur ujian masuk IPB .berikut akan kami jelaskan.Sama halnya kampus-kampus lain, IPB setiap tahun menerima mahasiswa baru baik lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) maupun D3 yang berasal dari universitas-universitas tertentu. Bukan cuma itu, IPB juga menerima program studi lanjutan S2 dan Program Doktoral untuk warga negara Indonesia sendiri maupun warga negara asing.
Ujian Masuk IPB - Persyaratan Umum Calon Mahasiswa
Ada beberapa syarat umum yang mesti depenuhi bila Anda ingin kuliah di IPB, ini berdasarkan keputusan rektor IPB mengenai calon mahasiswa baru, yaitu
Sehat jasmani dan rohani
Bebas dari narkoba
Bersedia diasramakan pada tahun pertama
pendidikan di Pendidikan Tingkat Persiapan Bersama)

Jalur Ujian Masuk IPB
Penerimaan mahasiswa baru IPB biasanya dilaksanakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) yang telah ditetapkan setIap tahun berdasar Keputusan Rektor IPB. Ada lima jalur penerimaan bagi lulusan SLTA dan D3 yang disediakan oleh panitia untuk program sarjana, yaitu


1. Ujian Masuk IPB Tanpa Test - Penerimaan Jalur USMI
USMI ialah Undangan Seleksi Masuk IPB yang diambil berdasarkan prestasi belajar siswa selama menekuni pendidikan SLTA, yaitu mulai dari semester 1 (kelas 1) hingga semester 7(kelas 3) yang ditandai dengan nilai-nilai raport atau data prestasi siswa.
Melalui jalur ini sejumlah SLTA yang telah ditentukan diundang untuk mengirimkan lamaran ke IPB mengajukan sejumlah siswa kelas akhir yang merupakan siswa terbaik di sekolahnya.
Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan telah diterima di IPB akan dipanggil melalui surat ke Kepala SLTA masing-masing untuk melapor ke kampus IPB pada tanggal yang telah ditentukan dengan menunjukkan dokumen asli dan syarat lain yang telah ditentukan.

2. Ujian Masuk IPB - Penerimaan SNMPTN
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SNMPTN merupakan seleksi berskala nasional yang diselenggarakan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (PTNI) se-Indonesia, termasuk enam perguruan tinggi dalam naungan BHMN (Badan Hukum Milik Negara) yang di dalamnya ada IPB.

3. Ujian Masuk IPB - Penerimaan Jalur Beasiswa Utusan Daerah
Beasiswa Utusan Daerah merupakan penerimaan mahasiswa baru IPB yang direkomendasikan langsung oleh pemerintah daerah tempat siswa itu berada. Dibiayai oleh Pemerintah Pusat bila yang mengutus Pemerintah Pusat, demikian pula Pemerintah Propinsi, dan Kabupaten/ Kota.
Tujuan utamanya ialah untuk mencetak kader-kader daerah yang unggul, sehingga mereka bisa membangun daerah masing-masing selesai kuliah nanti. Untuk syarat penerimaannya sama seperti jalur ujian lainnya, namun hanya model pendaftaran yang berbeda yaitu dilakukan secara kelembagaan oleh Pemerintah Daerah.
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai prosedur pengajuan BUD, Anda bisa membuka halaman http://www.bud.ipb.ac.id, atau melalui layanan telepon 0251-8624092 dan email bud@ipb.ac.id.

4. Ujian Masuk IPB - Penerimaan Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN)
Jalur Prestasi Nasional dan internasional merupakan undangan khusus masuk IPB diperuntukkan bagi calon mahasiswa lulusan SLTA yang memiliki prestasi istimewa seperti juara Olimpiade Fisika nasional atau Internasional atau lomba-lomba lainnya yang berskala sama.
Apabila calon mahasiswa tersebut dinyatakan diterima di IPB melalui jalur ini, maka wajib mendaftarkan diri pada tanggal yang telah ditentukan dengan menunjukkan dokumen asli dan syarat-syarat yang telah ditentukan.

5. Ujian Masuk IPB - Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Ujian Talenta Masuk IPB
UTM adalah jalur masuk IPB yang menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan talenta dan kepiawaian dalam kepemimpinan, kewirausahaan, termasuk bidang pertanian. IPB biasanya menjaring sekitar 200 hingga 300 mahasiswa baru yang memiliki minat dan talenta yang tinggi dalam bidang yang telah disebutkan tersebut.
Calon mahasiswa juga direkomendasikan dan dibiayai oleh Pemerintah Pusat, Propinsi, Kabupaten/ Kota dengan kriteria harus berumur tidak lebih dari 25 tahun, memiliki nilai rapor SLTA yang baik dan mempunyai talenta kepemimpinan maupun kewirausahaan yang mandiri. 
Jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) adalah salah satu jalur ujian masuk IPB yang banyak peminatnya. Diselenggarakannya ujian masuk IPB ini memiliki beberapa tujuan, yaitu sebagai berikut.

Penyelenggaraan ujian masuk IPB jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) bertujuan menjaring bakat kepemimpinan dan juga kewirausahaan dalam rangka memajukan pertanian. Para peserta ujian masuk IPB yang lolos nantinya akan dibentuk menjadi sarjana-sarjana yang kuat, tangguh, dan akan menjadi calon-calon pemimpin negara.


Penyelenggaraan ujian masuk IPB jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) bertujuan memperluas aksesbilitas para calon mahasiswa untuk dicetak menjadi SDM yang siap dan mampu menangani ketahanan pangan nasional.

Ujian Masuk IPB - Prosedur Ujian Talenta Masuk (UTM)
Apa saja prosedur ujian masuk IPB lewat jalur Ujian Talenta Masuk (UTM)? Prosedur ujian masuk IPB lewat jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) adalah sebagai berikut.

Peserta ujian masuk IPB jaur Ujian Talenta Masuk (UTM) harus lulus Ujian Nasional SMA (IPA) tahun 2009, 2010, dan 2011.

Ujian masuk IPB jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) diselenggarakan di Kota Bogor, Kota Surabaya, dan Kota Medan.

Materi ujian masuk IPB jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) adalah Tes Studi IPA (Matematika, IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika), Tes Studi Dasar (Matematika Dasar dan Bahasa Inggris), dan Tes Talenta 

Tes ujian masuk IPB jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) menyaring 300 mahasiswa untuk semua Program Studi yang terdapat di IPB (terdiri atas 9 fakultas dan 36 program studi).

Setiap peserta ujian masuk IPB jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) dapat memilih dua program studi (jumlah maksimal).

Biaya pendaftaran ujian masuk IPB jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) adalah Rp500.000 per peserta.

Ujian Masuk IPB - Informasi Penting Ujian Talenta Masuk (UTM)
Bagi Anda yang beminat untuk mengikuti ujian masuk IPB lewat jalur ini, ada informasi penting yang harus diperhatikan. Berikut informasi penting terkait ujian masuk IPB jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) IPB. 

Peserta yang telah melakukan pendaftaran lalu membatalkan keikutsertaan ujian masuk IPB jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) dengan alasan apa pun, maka tidak dibenarkan meminta lagi biaya pendaftaran yang telah dibayarkan.

Peserta ujian masuk IPB jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) yang memenuhi syarat akademik, kemampuan ekonomi, dan program studi yang dipilih, akan dipertimbangkan untuk mendapat beasiswa. Besarnya beasiswa dan jumlah penerima beasiswa akan ditentukan oleh pihak IPB.

Sementara itu, proses ujian masuk IPB ini dari tahap awal sampai tahap akhir adalah sebagai berikut.

Pendaftaran secara online.
Pelaksanaan tes.
Pengumuman hasil tes. 
Registrasi ke IPB. 

Materi ujian masuk IPB jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) adalah sebagai berikut.

Tes Studi IPA: Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.
Tes Studi Dasar: Matematika Dasar dan Bahasa Inggris.
Tes Talenta: Talent Mapping Test

Itulah beberapa jalur ujian masuk IPB. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda bisa buka halaman situs http://www.ipb.ac.id.  atau bisa kunjungi kami di : http://www.wartaipb.com/ Semoga sukses!


Sumber:



Bagi yang mau kirim-kirim salam atau idemu, jangan lupa kirimin ke sini. Hubungi kami wartaipb@gmail.com

40 komentar:

  1. izin bertanya
    jika peserta yang mengikuti jalur USMI diploma apakah diperbolehkan juga mengikuti SNMPTN 2015 ditahun ini
    terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih, untuk persyaratannya. jika sekolah mendaftarkan anak didiknya misalkan ada 1 orang yang mendaftar dan diterima lewat jalur tersebut, namun anak didik tersebut tidak menindaklanjuti bisa juga untuk kedepan sekolah tersebut kena blacklist, kecuali jika yang mendaftar dan yang telah diterima lebih dari satu. bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin bertanya apakah peraturan tersebut masih berlaku untuk tahun pelajaran 2017-2018? Terima kasih sebelumnya

      Hapus
    2. izin bertanya, kalau di sbmptn memilih kampus ipb, dan mau ikut jalur mandiri juga, apakah yg di sbmptn dianggap gugur atau tidak?

      Hapus
  3. Izin bertanya
    Untuk jalur UTM ini sebelumnya apa harus mengikuti SBMPTN terlebih dahulu atau boleh langsung ikut UTM?
    Terimakasih..


    BalasHapus
  4. untuk informasi seputar UTM bisa dikunjungi dilink berikut ini;
    http://admisi.ipb.ac.id/p/single/utm
    http://utm.ipb.ac.id/pages.php?page=depan

    BalasHapus
  5. Prakata
    Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI) adalah salah satu cara penerimaan mahasiswa program sarjana IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian. Metode seleksi yang digunakan adalah ujian tulis.
    Selama mengikuti pendidikan di IPB, mahasiswa yang masuk dari jalur UTMI akan mendapat muatan softskill khusus untuk meningkatkan kualitas personalnya dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan serta rasa cinta terhadap pertanian.

    UTM IPB (Ujian Talenta Masuk Institut Pertanian Bogor) :
    Ujian untuk menjaring kepemimpinan dan kewirausahaan untuk memajukan pertanian
    yang akan ditempa menjadi sarjana yang tangguh dan calon pemimpin bangsa
    Memperluas aksesilibitas untuk menangani ketahanan pangan nasional disertai dengan memasukan dimensi karakter kepribadian
    Memberi beasiswa kewirausahaan dan beasiswa ketahanan pangan

    Tujuan :
    Penyelenggaraan UTM IPB bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki minat dan talenta yang tinggi dalam kepemimpinan dan kewirausahaan serta pertanian untuk ditempa menjadi sarjana-sarjana yang tangguh dan menjadi calon-calon pemimpin bangsa yang berwawasan pembangunan pertanian yang kuat.

    Persyaratan:
    Peserta UTM IPB harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    Lulus Ujian Nasional SMA (IPA) 3 tahun terakhir (2012, 2013, 2014)
    Sehat jasmani dan rohani

    Daya Tampung
    Daya tampung IPB untuk jalur masuk UTM dapat dilihat disini.

    Pendaftaran
    Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman http://utm.ipb.ac.id/.. Tata cara pendaftaran dapat dilihat pada http://utm.ipb.ac.id/pages.php?page=caradaftar
    Pelamar dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi. Pelamar tidak dapat mengubah pilihan program studi setelah pendaftaran online dengan alasan apapun.
    Biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000,-/Pelamar. Pelamar yang sudah mendaftar namun membatalkan keikutsertaan UTM IPB tidak dapat meminta kembali biaya pendaftaran.
    Pelamar yang dinyatakan lulus ujian tulis dan pemetaan bakat dan diterima oleh IPB, wajib melakukan registrasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan melengkapi persyaratan yang akan ditentukan kemudian dan sanggup mengikuti kegiatan softskill yang akan dijadwalkan.
    Mengingat jarak antara pengumuman hasil seleksi dan periode konfirmasi calon mahasiswa (bagi pelamar yang lulus tes) yang sangat singkat(lihat menu “Tanggal penting”), dimohon agar pelamar dapat mempersiapkan dokumen berikut untuk keperluan tersebut:
    Surat keterangan penghasilan Ayah dan Ibu/Wali calon mahasiswa baru:
    PNS/TNI/POLRI dari Instansi Pemerintahan
    Pegawai Swasta/BUMN dari Perusahaan
    Pekerjaan lainnya disahkan oleh Kepala Sekolah dan Kepala Desa/Lurah.
    Kartu Keluarga Orang tua/wali
    Bukti Pembayaran Listrik tiga bulan terakhir di rumah orangtua/wali

    BalasHapus
  6. untuk selebihnya untuk berhubungan dengan informasi dan formulir untuk pendaftaran bisa dikunjungi dilink diatas atau bisa kontak langsung ke admisi IPB :

    Sekretariat UTMI
    Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru IPB
    Telpon : 0251-8624650, 0251-8626641
    Email : utm@ipb.ac.id
    Website : http://utm.ipb.ac.id

    BalasHapus
  7. kak bisa beri gambaran tidak tes talent mapping itu seperti apa? tulis atau lisan? terima kasih

    BalasHapus
  8. Jika diterima jalur ipb sbmptn apakah nilai tes kita saat utmi dianggap gugur?? Atau bisa diterima keduanya? (Karna pengumuman sbmptn sesudah ujian utmi diadakan) mohon infonya....

    BalasHapus
  9. Saya mau tanya apakah test jalur mandiri ipb utmi? Saya sudah dapat kap dan pinnya dari bidikmisi, lalu proses selanjutnya bagaimana?

    BalasHapus
  10. Kak, surat keterangan penghasilan orang tua harus disahkan dari kepala sekolah dan kepala desa? Sekolah kan udah oada libur kak, gimana jadinya? Kalau dr kepala desa saja ga buisa?

    BalasHapus
  11. Muhammad wildan : untuk test dari tahun lalu masih test tulis seperti snmptn, namun untuk tahun ini belum tau jika ada kebijakan khusus.
    Irene Handayani : untuk nilai, itu ditentukan dengan apapun, jika memang kita keterima dengan jalur apapun, keputusan akhir tetap akan dinyatakan diterima.
    Ahmad Sowfi : untuk proses selanjutnya bisa dilihat pada saat website mendaftar, untuk lebih jelas kapan dan waktunya bisa, telp langsung ke akademik IPB S1 maupun IPB D3 , karena untuk jadwal dan adminstrasi di data oleh akademiknya langsung.
    Denandro Fidelis : untuk surat keterangan penghasilan tidak harus dengan disahkan, oleh sekolah, yang terpenting adalah surat tersebut dibuat dan ditandatangani oleh satu penanggung jawab yang sah, bisa juga salah satu, misalkan kepala desa saja, yang terpenting keaslian dan kebenaran dari surat tersebut.

    Salam hormat,
    wartaipb.com

    BalasHapus
  12. izin bertanya
    biaya kuliah berdasarkan kelompok bisa dilihat dari kategori apa saja?

    BalasHapus
  13. untuk biaya biasanya dipengaruhi oleh jurusan di program study, misalnya saja, kakak ambil jurusan yang membutuhkan alat khusus untuk mendukung kinerja kuliah, seperti itu. kalau biaya secara umum tetap merata, tergantung kebijakan jurusan masing-masing.

    Regards,
    wartaipb.com

    BalasHapus
  14. Bagaimana rincian jumlah soal per mata pelajaran? (Math, fis, kim, bio, b.inggris) ?

    BalasHapus
  15. Yang dimaksud tes talenta apa ya? Apa seperti psikotes? Apa seperti tes kemampuan dasar? Apa tes ilmu pengetahuan?

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Ijin bertanya,, kalau uang/biaya semesteran Diploma IPB berapa ya??? Terima kasih.

    BalasHapus
  17. Mewakili pertanyaan yang belum terjawab :
    Priya : untuk soal seperti snmptn biasanya setau saya.
    nurmalita : test talenta seperti test tulis mandiri, berisi tpa bahasa inggris mata pelajaran begitu.
    ihsan : untuk biaya persemester untuk tahun ini kurang lebih 6 jt untuk program diploma IPB

    BalasHapus
  18. kak mau nanya nih..jalur diploma melalui nilai raport masi dibuka? atau sekarang hanya melalui test tulis? mohon dijawab..terimakasih

    BalasHapus
  19. Pa dlm ipb ilmu perikanan dapat tergolong dlm berapa bagian yg dikategorikan

    BalasHapus
  20. Kak mau tanya nih untuk jalur usmi pendaftar boleh tidak mendaftar secara mandiri tidak secara kollektif dari sekolah? Kebetulan saya sudah lullus dari sekollah angkatan 2015 dan ingin mencoba di ipb tahun 2016. Mohin bantuannya kak terimakasih

    BalasHapus
  21. Mau tanya kalau yang sudah ikut jalur sbmptn di ipb dan mau ikut ujian mandiri di ipb juga boleh atau tidak?

    BalasHapus
  22. Mau tanya kalau yang sudah ikut jalur sbmptn di ipb dan mau ikut ujian mandiri di ipb juga boleh atau tidak?

    BalasHapus
  23. Mau tanya kalo ekstensi jurusan teknk komputer saya mu daftar tapi tidak bisa masuk? Eror mulu bisa kasih solusi nya?

    BalasHapus
  24. Mau tanya kalo ekstensi jurusan teknk komputer saya mu daftar tapi tidak bisa masuk? Eror mulu bisa kasih solusi nya?

    BalasHapus
  25. Kak taanya dong...
    itu soal UTMI yg IPA kaya soal UN apa SBM kak ??? Saya denger" kata kakak" di sana soalnya kaya UN... bener gak kak ???

    BalasHapus
  26. Terkait jadwal UTMI, dimulai jam berapa sampai jam berapa?

    BalasHapus
  27. bagai mana cara mencetak kartu bila sudah melengkapi data?







    BalasHapus
  28. Mau nanya nih kak, daya tampung untuk program diploma ipb berapa ya?

    BalasHapus
  29. Mohon maaf sekali bagi rekan-rekan yang pertanyaanya belum terjawab, dan sudah cukup lama, kakak berharap semua yang sudah bertanya disini mendapatkan jawabannya, dan sudah diterima di IPB. Bagi yang disini sudah diterima di IPB Boleh kirim email ke sini ya : wartaipb@gmail.com bagi yang belum dan mau cari informasi lebih cepat balasannya, bisa langsung gabung ke facebook ya : https://www.facebook.com/wartaipb/

    untuk informasi ke admisi langsung IPB, bisa langsung email/telpon kesini ya :


    Email: humas@ipb.ac.id
    Telephone: +62 251 8622642 ext.100
    Jl. Raya Darmaga Kampus IPB Darmaga Bogor 16680 West Java, Indonesia

    semoga membantu :)
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, saya dri SMK, kalau saya ambik jalur USMI, Mapel apa saja yg menjadi tolak ukur masuk ke jalur tsb? Passing Grade atau yg sejenisnya

      Hapus
  30. Hallo kak yudha, untuk USMI, biasanya sesuai dengan program/jurusan yg dipilih. misalnya : pilih jurusan teknik komputer, maka nilai yang sebaiknya tinggi lebih ke ipa, matematika, dan sejenis. tp tidak menutup kemungkinan bisa diterima, asalkan nilai rata2 bagus. coba saja dulu :) sampai ketemu disini ya..

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Kak,saya mau tanya kalau saya mau ikutan USMI dan daftar SNMPTN saya juga ke IPB apakah boleh?
    Apakah mempengaruhi SNMPTN IPB Saya?

    BalasHapus
  34. Kak,saya mau tanya kalau saya mau ikutan USMI dan daftar SNMPTN saya juga ke IPB apakah boleh?
    Apakah mempengaruhi SNMPTN IPB Saya?

    BalasHapus
  35. Kak,saya mau tanya kalau saya mau ikutan USMI dan daftar SNMPTN saya juga ke IPB apakah boleh?
    Apakah mempengaruhi SNMPTN IPB Saya?

    BalasHapus
  36. ka persyaratan dokumen buat utmi apa aja ??

    BalasHapus